Wisata Air Terjun di Tasikmalaya

24 Oktober 2020 | 7:43 pm

Tasikmalaya menyimpan segudang tempat wisata yang menarik dan memukau, sehingga pas dikunjungi saat libur panjang. Tempat wisata yang populer sampai jarang diketahui di sana menawarkan keindahan yang memesona. Berikut 6 tempat wisata yang ada di Tasikmalaya:

  1. Tonjong Canyon hadir dengan keindahan alam yang begitu indah, berupa tebing kecoklatan dan jernihnya air sungai. Tempat wisata memukau ini terletak di Desa Nagrog, Kecamatan Cipatujah, Kabupaten Tasikmalaya. Di sini, pengunjung dapat berenang memacu adrenalin di sungai sambil menyegarkan tubuh. Mereka juga bisa bersantai menikmati pesona alam yang indah, berkemah, atau berfoto-foto dengan latar keren.
    Namun, tempat ini belum terlalu populer, sehingga fasilitas belum memadai. Meski begitu, telah tersedia fasilitas, seperti area parkir, gazebo, toilet, dan mushala. 2 gazebo, toilet dan mushala ada dekat area parkir. 1 gazebo lagi di area Tonjong Canyon. Akses menuju ke Tonjong Canyon dari area parkir memiliki medan yang cukup terjal dan jauh, sehingga memerlukan tenaga ekstra. Tiket masuk Tonjong Canyon gratis. pengunjung perlu membayar parkir Rp 5.000 untuk motor dan Rp 10.000 untuk mobil. Tarif sewa ban Rp 5.000, jasa pemandu cukup bayar seikhlasnya, dan berkemah tidak dipungut biaya.
  2. Pantai Karang Tawulan Salah satu pantai populer dan eksotis di Tasikmalaya adalah Pantai Karang Tawulan yang menawarkan pasir pantai putih dan tersembunyi di balik tebing. Pantai Karang Tawulan yang indah ini terletak di Desa Cimanuk, Kalapagenep, Kecamatan Cikalong, Tasikmalaya.
    Di Pantai Karang Tawulan, pengunjung dapat menikmati pemandangan yang begitu indah dan menawan berupa bebatuan karang, luasnya Samudra Hindia, dan keindahan sunset. Fasilitas di Pantai Karang Tawulan, antara lain mushala, toilet, warung makan, gazebo, dan camping ground.
    Harga tiket masuk Pantai Karang Tawulan adalah Rp 3.500 per orang. Tarif parkir Rp 5.000 untuk motor dan Rp 10.000 untuk mobil.
  3. Karaha Bodas merupakan kawah gunung api muda yang terletak di Desa Kadipaten, Kecamatan Kadipaten, Kabupaten Tasikmalaya. Kawah ini menghasilkan panas bumi, juga fenomena fumarol dan solfatar, sehingga menimbulkan bau belerang.
    Meskipun begitu, Karaha Bodas menawarkan pemandangan yang indah dan eksotis dengan bebatuan putih, lengkap dengan teduhnya pepohonan pinus. Pengunjung juga dapat menikmati sumber air panas untuk cuci muka dan merendam kaki. Keindahan Karaha Bodas pun sangat cocok dijadikan spot foto yang instagramable. Pengunjung dikenakan harga tiket masuk Rp 10.000 per orang. Tarif parkir Rp 3.000 untuk motor dan Rp 5.000 untuk mobil.
  4. Gunung Galunggung merupakan salah satu tempat wisata favorit yang ada di Kabupaten Tasikmalaya. Gunung ini masih aktif dan memiliki ketinggian 2.167 meter di atas permukaan laut (mdpl), sehingga pengunjung dapat merasakan udara yang sangat sejuk. Banyak keindahan yang dapat ditemukan di Gunung Galunggung, seperti Kawah Hijau, pemandian air panas, gardu pandang, sampai Curug Agung yang penuh warna.
    Kawah Hijau Galunggung yang indah berada di bawah tebing dan dapat dicapai dengan menapaki 620 anak tangga. Pengunjung dapat menikmati pemandian air panas yang mengandung belerang sambil menyaksikan pemandangan indah. Harga tiket masuk Gunung Galunggung adalah Rp 15.000 per orang. Tarif parkir Rp 2.000 untuk motor dan Rp 6.000 untuk mobil.
  5. Batu Paraga Salopa Salah satu tempat wisata di Tasikmalaya yang belum cukup dikenal adalah Batu Paraga Salopa. Oleh karena itu, tempat ini masih terjaga keasriannya. Batu Paraga merupakan bukit-bukit batu yang tersusun rapi dan unik, juga artistik, lengkap dengan aliran sungai di tengahnya.
    Untuk mencari lokasi Batu Paraga Salopa di Google Maps, ketik Paraga Stone. Adapun, lokasi tempat ini ada di Mulyasari, Salopa, Tasikmalaya. Aktivitas di sini, antara lain berenang dan bermain air. Namun, pengunjung harus hati-hati dan menjaga keselamatan. Bila tidak ingin bermain air, pengunjung dapat mengambil foto yang instagramable.
    Untuk memasuki Batu Paraga Salopa, pengunjung tidak akan dipungut biaya apa pun alias gratis.
  6. Curug Agung Galunggung Berada dalam kawasan Gunung Galunggung, Curug Agung Galunggung memiliki ketinggian setinggi 80 meter. Lokasinya ada di Linggajati, Sukaratu, Tasikmalaya. Curug Agung Galunggung menawarkan pesona air terjun yang menyala dengan bantuan lampu LED. Warnanya dapat berganti-ganti, berupa hijau, merah, dan biru. Pengunjung tidak dapat bermain tepat dibawah air terjun ini karena akses yang tidak ada, sehingga air terjun hanya dapat dinikmati dari kejauhan saja. Meski begitu, pengunjung tetap bisa berfoto dengan latar belakang air terjun ini di gardu pandang. Sementara itu, pesona air terjun yang menyala penuh warna hanya dapat dinikmati saat hari mulai gelap. Pengunjung harus membayar tiket masuk Rp 15.000 per orang untuk melihat pesona Curug Agung Galunggung.
Chat dengan Kami
Scroll to Top